Geotagging dan Sales Area Mapping - Part 1


Saat pertama kali mengenalkan 𝐠𝐞𝐨𝐭𝐚𝐠𝐠𝐢𝐧𝐠 untuk keperluan 𝐬𝐚𝐥𝐞𝐬 𝐦𝐚𝐩𝐩𝐢𝐧𝐠 di tahun 2012, banyak yang mengernyitkan dahi, dan tak sedikit pula teman di kantor memandangnya remeh, karena cara ini dianggap anti mainstream, dan terkesan meng-ada2. Tetapi bersyukur setelah lima tahun berlalu team mulai terbuka hati dan pikirannya, menerima hal ini sebagai tool yang sangat bermanfaat untuk mereka. Dan hari ini, aktifitas 𝐠𝐞𝐨𝐭𝐚𝐠𝐠𝐢𝐧𝐠 sudah menjadi semacam 𝐬𝐞𝐦𝐛𝐚𝐤𝐨 bagi semua team, baik di dept. 𝐒𝐚𝐥𝐞𝐬 maupun 𝐃𝐞𝐥𝐢𝐯𝐞𝐫𝐲 sebagai guidance utama di dalam mencari dan menemukan alamat outlet/ toko.

Berikut sedikit video tentang bagaimana mengunggah titik koordinat (lattitude dan longitude) ke aplikasi Google My Maps untuk keperluan pemetaan toko/ outlet. Ini hanya contoh sederhana. 
  1. Setiap mengunjungi lokasi (biasakan) team Sales selalu melakukan tagging atas lokasi toko (aktifitas ini kita sebut dengan Coordinate Tagging)
  2. Untuk melakukan tagging lokasi bisa menggunakan beberapa cara. Bisa menggunakan fasilitas google maps share pada smartphone, mengguakan share loc pada whatsapp, atau menggunakan aplikasi android GPS Coordinate yang bisa diunduh di playstore secara gratis. Saya merekomendasikan yang terakhir untuk keperluan di atas dan sudah menggunakannya sejak 2013 dengan tingkat akurasi 99%, jauh lebih baik dibandingkan yg berbayar sekalipun. 
  3. Kirim lokasi yang ditagging melalui group whatsapp atau email ke Admin di kantor (ini akan dibahas detil di post yang lain tentang GPS Coordinate)
  4. Admin akan me-recap semua koordinat yang masuk dalam satu file excel berisi nama, alamat, kelurahan, kecamatan, kabupaten dsn semua informasi yang dibutuhkan untuk menjadi master data koordinat
  5. Mengunggah file excel yang berisi alamat koordinat tersebut ke dalam Google My Maps. Anda bisa lakukan ini dengan sorting by Kecamatan, by Channel ataupun by Salesman sesuai kebutuhan. 
Kira2 seperti itu. Cobain deh :) 
Dengan cara ini diharapkan tidak akan terjadi lagi keributan antar Salesman dan team Delivery mengenai lokasi toko yang akan dituju. Bayangkan dulu sebelum mengenal teknologi ini...hampir setiap hari terjadi ....ah sudahlah. Selalu berpikir positif! 

RMunadji

1 comment:

G Mahardika said...

ini penting. Sangat penting dan membantu kita untuk melakukan mapping apa saja