Pemetaan Area Menggunakan Excel 3D Maps - Bag. 1

Seharusnya saya post paling awal. Ini adalah tentang menu visual 3D Maps yang saya gunakan sejak 2016 untuk membantu team memetakan area penjualan dan distribusi. Tool ini menurut saya adalah paling praktis. murah dan mudah digunakan tanpa harus banyak melakukan ritual puasa dan mantra2 sakti. Tinggal siapkan data Excel, lalu buka peta 3D-nya ...dan...taraaaaaaa....langsung jadi, gak pakai rewel!  Jangan bandingkan peta ini dengan punya  Google Maps, atau juga Power BI. Tentu agak berbeda. Karena ketiganya memang memilik kelebihan dan kekurangan masing2. Coba nanti kalian temukan sendiri. Atau tunggu posting bagian dua-nya :)




Apakah 3D Maps?
3D Maps atau dikenal dengan Microsoft 3D Maps untuk Excel adalah alat visualisasi data tiga dimensi (3D) yang memungkinkan kita melihat informasi dengan cara baru. Peta 3D memungkinkan kita menemukan Insight yang mungkin tidak terlihat dalam tabel dan bagan dua dimensi tradisional (2D). Dengan peta 3D, Kalian bisa memplot data geografis dan temporal pada bola dunia 3D atau peta kustom, menampilkannya dari waktu ke waktu, dan membuat tur visual yang bisa kamu bagikan dengan orang lain. Kita mungkin ingin menggunakan Peta 3D untuk kebutuhan a.l:

  • Memetakan data: Mem-plot lebih dari satu juta baris data secara visual di Microsoft Bing Maps dalam format 3D dari tabel Excel atau model data di Excel.
  • Menemukan wawasan: Mendapatkan pemahaman baru dengan menampilkan data Anda dalam ruang geografis dan melihat data bercap waktu berubah sepanjang waktu.
  • Berbagi cerita:  Merekam cuplikan layar dan susun tur video sinematik dan panduan yang bisa Anda bagikan secara luas, melibatkan audiens tidak seperti sebelumnya. Atau ekspor tur ke video dan bagikan dengan cara seperti itu juga.
Penasaran? Cobain deh. Atau cek video singkat berikut ini.
Jangan lupa aktifkan dulu layanan ini dengan mengubah settingan pada menu Option Excel.
Salam sehat dan bahagia!

Disclaimer: data koordinat yg digunakan dalam video ini hanya contoh saja, bukan data sesungguhnya.

RMunadji

2 comments:

Unknown said...

Bagus banget ini bisa akurat untuk pemetaan plan schedule rute Sales/ pjp sales

RMunadji said...

bisa banget pak. Dan ini mudah penggunaannya. Ada 2 (dua) pilihan mapping, untuk area bisa dan untuk titik2 koordinat (latitude dan longitude) juga bisa. Enak kalo buat presentasi atau demo ke team. Terima kasih sudah mampir.