Mapping SalesCall Plan Menggunakan Power BI 2020

Hi, kembali lagi kita membahas mengenai Sales Call Plan atau biasa disebut juga dengan Rencana Kunjungan Salesman. Namun kali ini agak sedikit detil dengan fokus aktifitas outlet dalam satu minggu. Nah coba perhatikan "dashboard" dalam video ini yang kita siapkan menggunakan Power BI Desktop. Di kanvas sebelah kiri yang paling lebar adalah peta atau map lokasi semua outlet yang akan bertransaksi di dalam satu minggu tersebut - let's say ada 6 hari kerja. Dan di sebelah kanan peta ada tiga list data dari atas ke bawah yang berisi nama2 kabupaten, kecamatan dan kelurahan di mana masing2 outlet beralamat dan berlokasi. Lalu di kolom paling kanan ada tiga grafik dan satu kolom di sebelah kanan bawah.



Baiklah, agar tidak membingungkan teman yang baru join, kita jelaskan masing2 kegunaan peta dan grafik sbb :

Peta/ Map Outlet
Peta ini menunjukkan semua lokasi toko/ outlet berdasarkan koordinat (lat/ long) yang akan bertransaksi sesuai rencana kunjungan Salesman selama satu minggu ke depan. Masing2 titik koordinat outlet tersebut dibedakan dengan warna yang mewakili area kecamatan yang ber-beda2. Sedangkan ukuran titik koordinat menunjukkan nilai Rp estimasi PO untuk setiap outlet, di mana semakan besar lingkarannya, akan semakin besar pula nilai PO (bakal omzet)-nya.

Slicer Daftar Area
Nah pada kolom sebelah kanan peta ada tiga slicer yang masing2 dari atas ke bawah berisi list data kabupaten, kecamatan dan kelurahan. Perhatikan jika kalian check misalnya kabupaten Bantul , maka semua data yang tervisualisasi dalam dashboard menunjukkan aktifitas yang ada di Kabupaten Bantul tersebut, mulai dari nilai PO pada hari/ minggu tersebut di pojok kanan bawah dan seterusnya. Nah masih di posisi yang sama jika kolom kecamatan dan kelurahan dicentang, maka Power BI akan memunculkan data2 yg terkait dengan area tersebut saja.

Colum Chart/ Graphic
Di posisi paling kanan ada tiga column chart atau graphic yang masing2 mengikuti Slicer di tengah, baik untuk Kabupaten atau Kelurahan. Kalian bisa tempatkan cursor di kolom chart yang mana saja, maka semua data akan tervisualisasi mengikuti area yg kamu pilih. Seru bukan!

Column Chart nomer tiga berisi transaksi PO mulai hari pertama, ke dua, ke tiga dst sampai hari ke enam. Jika kalian klik masing2 tanggal, maka semua data akan mengikuti menampilkan semua aktifitas pada hari yang kamu pilih.

Sampai di sini sudah "mudeng" ya?
Kamu bisa melihat apakah call plan yang kamu buat benar2 sudah sesuai dengan kebutuhan kamu dan team. Dan jangan lupakan pula kaidah2 di dalam menyusun call plan yang baik, yang memperhatikan beberapa hal penting a.l : potensi outlet, fairness dalam pembagian workload yang di-assign ke setiap salesman, luas territory, travel time and distance, dll, dsb dan tentu saja soal sales routing (call route).

Disclaimer: data dan koordinat yg digunakan dalam video ini hanya contoh saja, bukan data sesungguhnya. (bersambung)


G Mahardika

No comments: